Senin, 12 Oktober 2009

DESKTOP PUBLISHING

BACKGROUND

Seiring dengan perkembangan jaman dan bertambahnya ilmu pengetahuan, maka kebutuhan hidup manusi semakin bertambah. Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia khususnya dalam bidang pengetahuan, informasi, dan hiburan, maka PT. Hamy Publishing menerbitkan majalah “Cuisine” pada tahun 2006. PT. Hamy Publishing berdiri sejak tahun 2000 dan bertempat di Menara Sudirman Tower A. Perusahaan ini sebelumnya sudah pernah menerbitkan majalah dan tabloid. Dan kali ini, PT. Hamy Publishing membuat terobosan baru, yaitu membuat majalah seputar masakan dan makanan. Dari keinginan untuk membuat terobosan baru itu, maka timbulah satu ide yang bernama “Cuisine”. “Cuisine” adalah majalah yang berisikan semua hal tentang makanan dan masakan.

Tagline dari majalah ini adalah “Sensation in Cooking”. Dimana dalam memasak kita dapat merasakan kesenangan. Ini adalah sensasi dalam memasak. Tujuan dari pengambilan tema ini adalah agar semua orang yang memasak bisa benar-benar merasakan suatu sensasi di dalamnya dan sensasi tersebut merupakan seni dalam memasak yang akan membuat semua makanan menjadi enak untuk disantap.

Majalah ini mulai diterbitkan pada tanggal 06 Desember 2006. Majalah ini ditujukan untuk para wanita dan tidak menuntup kemungkinan pada pria. Karena zaman sekarang ini banyak pria yang bisa memasak bahkan berprofesi sebagai koki.

“Cuisine” memiliki banyak keunggulan dibandingkan majalah makanan lainnya. Selain berisikan tentang makanan, majalah ini juga berisikan tentang resep-resep, info belanja, tips dan trik, rekomendasi restoran dengan menu makanan spesial, serta informasi dalam dunia kuliner. Majalah ini diterbitkan sebulan sekali.

CONCEPT ANALYSIS

What?

“Cuisine” adalah majalah yang memiliki tema dunia kuliner. Majalah ini menyajikan informasi yang berhubungan dengan kuliner, resep kue dan masakan, tips, rekomendasi restoran, dan sebagainya.

Who?

Majalah ini diterbitkan oleh PT. Hamy Publishing.

When?

Majalah ini mulai diterbitkan pada tanggal 06 Desember 2006. “Cuisine” terbit setiap bulan dengan tema yang berbeda-beda.

Where?

Kantor redaksi “Cuisine” terletak di Menara Sudirman Tower A. Jl. Jendral Sudirman kavling 22, Jakarta Selatan. Majalah ini didistribusikan ke beberapa kota seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Why?

Karena besarnya permintaan pasar di Indonesia akan informasi seputar dunia kuliner, dan pada tahun tersebut belum ada majalah yang membahas semua tentang kuliner, maka PT. Hamy publishing menerbitkan majalah “Cuisine”. Majalah ini dapat membantu untuk memenuhi informasi tentang dunia kuliner.

How?

Untuk membuat pembaca memilih untuk membaca majalah ini daripada majalah lainnya yang sejenis, maka majalah ini harus tampil berbeda dengan pengemasan dan penyajian informasi yang menarik dan berbobot. Media promosi yang digunakan seperti iklan di radio dan website.

SWOT ANALYSIS

Strenght

- Konsep majalah jelas dan terfokus pada kuliner

- Informasi lengkap dan berbobot

- Desain yang menarik

- Bahasa yang mudah dimengerti

- Memiliki majalah online (www.cuisine.com)

- Harga terjangkau.

Weakness

- Cakupan daerah distribusi terbatas, hanya di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya, serta Jawa Barat

- Masih tergolong majalah baru karena baru dua tahun.

Opportunities

- Memperluas cakupan wilayah distribusi di luar Jawa Barat

- Memperluas kerja sama dengan pemasang iklan

- Majalah dengan tema kuliner masih sedikit jumlahnya.

Threats

- Persaingan dengan majalah sejenis

- Masyarakat Indonesia masih kurang memperhatikan dunia kuliner.

STRATEGY AND PROMOTION

Strategy

- Memberikan bonus souvenir dalam edisi tertentu

- Mengikuti perkembangan teknologi melalui majalah online www.cuisine.com

- Mendapatkan diskon 10% di setiap edisinya secara langsung apabila berlangganan selama minimal 6 bulan.

Promotion

- Memasang iklan di radio-radio

- Iklan billboard di halte bus Trans Jakarta

- Memasang billboard di jalan yang sering di lewati masyarakat dan tempat-tempat yang ramai

- Iklan di internet

- Menjadi sponsor dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kuliner

- Mengikuti pameran – pameran.

TARGET AUDIENCE

Gender : Female (secondary : male)

Age : 25 – 40 tahun

S.E.S : B dan A

Occupation : Ibu rumah tangga dan wanita karir

Location : Jakarta dan Jawa Barat

Life style : menyukai kuliner, membaca, memasak, modern, dinamis,

serta membutuhkan informasi dan pengetahuan.

COMPETITOR

Majalah “Cuisine” memiliki beberapa kompetitor. Kompetitor langsung seperti Majalah Sedap, Tabloid Saji, dan Tabloid Koki. Kompetitor ini memiliki kesamaan dengan tema kuliner pada majalah “Cuisine”. Kompetitor tidak langsung seperti Majalah Femina, Majalah kartini, Tabloid Nova, dan Tabloid Wanita Indonesia. Kompetitor ini tidak memiliki kesamaan dengan tema, tetapi menyajikan info kuliner dan dengan target audience wanita.

Tetapi majalah ini memiliki beberapa perbedaan dari segi jenis berita. Topik yang diangkat dalam “Cuisine” adalah yang berbobot dan mengedukasi para pembacanya.

Saat ini “Cuisine” mulai merebut pangsa pasar Indonesia. Ini terbukti dari banyaknya surat pembaca yang masuk ke kotak redaksi kami dan memberikan komentar dan pujian untuk artikel yang kami muat. Dari segi harga majalah ini cukup terjangkau. Dengan alasan ini, majalah kami dapat bertahan dan terus berkembang.

TECHNICAL CONCEPT

Logo

Pemilihan Nama

Cuisine dalam bahasa Inggris berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masakan dan makanan. Nama ini merupakan nama yang tepat untuk sebuah majalah kuliner. Kata ini sederhana, mudah dimengerti dan mudah dibaca.

Pemilihan Tagline

Sensation in cooking mendukung isi majalah ini. Karena dalam majalah ini terdapat sensasi yang dapat membuat pembacanya tidak akan lupa pada isi majalah ini.

Warna

Warna merah untuk tulisan “Cuisine” karena para wanita rata-rata menyukai warna tersebut sehingga akan lebih mudah membuat mereka untuk membeli dan tertarik untuk membacanya. Warna merah juga disukai oleh pria. Jadi tidak menutup kemungkinan untuk pria juga membacanya. Selain itu warna merah juga memberi kesan ceria.

Warna untuk tagline “Sensation in Cooking” disesuaikan dengan tema dan cover majalah setiap edisi.

Bentuk

Diatas huruf “C” pada tulisa “Cuisine” terdapat bentuk topi koki karena koki menggambarkan orang yang expert di bidangnya yaitu bidang memasak. Oleh karena itu, “Cuisine” juga expert untuk menyajikan majalah yang berbobot dan bermanfaat di bidang kuliner.

Tipografi

Gill sans ultra bold condensed untuk tulisan “Cuisine” memberikan kesan elegan, berbobot, modern, dan feminim.

Lucida handwriting untuk tagline “Sensation in Cooking” memberi kesan elegan, modern, minimalis, tenang dan tidak kaku. Kesan yang ditimbulkan sangat untuk target audience agar para pembaca merasa rileks dan tenang saat melihat dan membaca majalah ini.

BUDGETING

Waktu publikasi : setiap bulan

Harga : Rp. 27.000,-

Ukuran majalah : A4

Jumlah Halaman : 80 halaman sudah termasuk cover

Jumlah majalah yang diterbitkan : 20.000

Distribusi : JaBoDetaBek (14.000) dan Jawa Barat (6.000)

Pemasukan

Penjualan

19.000 eks x 27.000

513.000.000

Iklan

Iklan cover

2 x 40.000.000

80.000.000

Iklan dibalik cover depan

1 x 35.000.000

35.000.000

Iklan halaman pertama

1 x 30.000.000

30.000.000

Iklan dibalik cover belakang

1 x 25.000.000

25.000.000

Iklan halaman terakhir

1 x 20.000.000

20.000.000

Iklan halaman tengah 1 halaman

7 x 15.000.000

105.000.000

Iklan halaman tengah ½ halaman

6 x 10.000.000

60.000.000

Iklan halaman tengah ¼ halaman

8 x 7.500.000

60.000.000

Total pemasukan

928.000.000

Pengeluaran

Biaya cetak

20.000 eks x 35.000

700.000.000

Distribusi

JaBoDeTaBek

14.000 eks x 1.000

14.000.000

Jawa Barat

6.000 eks x 1.500

9.000.000

Promosi dan iklan

100.000.000

Gaji karyawan (35 orang)

28.000.000

Listrik dan maintenance

12.000.000

Biaya tak terduga

5.000.000

Total pengeluaran

868.000.000

Profit

Pemasukan

928.000.000

Pengeluaran

868.000.000

Total Profit

60.000.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar